KKM SKI KELAS VII MTs At Taubah Cimanggu



PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Tahun Pelajaran       : 2016/ 2017

Satuan Pendidikan    : MTs At Taubah Cimanggu           Mata Pelajaran          : Sejarah Kebudayaan Islam              Kelas                           : VII (Tujuh) Ganjil

Kompetensi Inti:
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama Islam yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam sekitarnya.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena atau kejadian yang tampak mata.
4.      Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain menurut sudut pandang/teori yang kuat

Kompetensi Dasar
Indikator
KKM
KKM

Kompleksitas
Daya Dukung
Intake

Indikator
KD
KI

3.1 Memahami sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan









3.1.1 Menjelaskan  peta wilayah Jazirah Arab
3.1.2 Menjelaskan kondisi kepercayaan masyarakat Mekah sebelum mengenal Islam
3.1.3 Mengindentifikasi kondisi sosial masyarakat Medinah sebelum mengenal Islam
3.1.4 Menganalisis  prioritas dakwah  Nabi saw di Mekah dan Madinah
3.1.5 Menyimpulkan usaha Nabi Muhammad   dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi

75
75

73


76

77


75
73

75


74

73


75
77

75


76

74


75
74

77


74

76


75
76

74


73

74


75
75

76


77

76



3.2 Memahami misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat





3.2.1. Menjelaskan prioritas dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekkah
3.2.2.  Mengidentifikasi prioritas dakwah Nabi Muhammad Saw. Medinah
3.2.3.  Menganalisis  bentuk-bentuk perjanjian yang pernah dilakukan Nabi saw di Mekkah dan Medinah
3.2.4.  Mengevaaluasi  tujuan dan manfaat  dibentuknya perjanjian oleh Nabi saw di Mekkah dan Medinah
3.2.5.Menyimpulkan  misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta
75


78

76

78

75
75


72

74

72

75
76


73

75

73

77
74


77

75

77

73
77


74

73

76

76
73


76

78

74

74


3.3 Memahami  strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah dan Medinah













3.3.1. Menjelaskan keadaan masyarakat kota Mekkah sebelum Islam datang
3.3.2Mengidentifikasi keadaan masyarakat kota Medinah sebelum Islam datang
3.2.3. Menganalisis strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah dan Medinah
3.2.4. Membandingkan perbedaan cara dakwah Nabi Muhammad di Mekkah dengan Medinah
3.2.5. Menyimpulkan  strategi dakwah Nabi Muhammad Saw

4.3.1Menyusun peta konsep mengenai strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah dan Medinah

75

75


73

76

77

74





75

73


75

74

73

76





75

77


75

76

74

77








75

74


77

74

76

73





75

76


74

73

74

77







75

75


76

77

76

73





3.4 Menganalisis  pola dakwah Nabi Muhammad di Mekah dan Medinah













3.4.1    Menjelaskan cara dakwah Nabi Muhammad saw periode Mekkah
3.4.2      Mengidentifikasi prioritas dakwah Nabi Muhammad saw periode Medinah
3.4.3      Menganalisis  bentuk-bentuk  ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang dihadapi Nabi Muhammad dalam berdakwah
3.4.4    Membandingkan cara dakwah Nabi Muhammad saw periode Mekkah dan Medinah
3.4.5    Menyimpulkan  pola dakwah Nabi Muhammad

75

75


73


76

77



75

73


75


74

73





75

77


75


76

74








75

74


77


74

76





75

76


74


73

74







75

75


76


77

76






3.3 Memahami  strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah dan Medinah









3.3.1. Menjelaskan keadaan masyarakat kota Mekkah sebelum Islam datang
3.3.2Mengidentifikasi keadaan masyarakat kota Medinah sebelum Islam datang
3.2.3. Menganalisis strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah dan Medinah
3.2.4. Membandingkan perbedaan cara dakwah Nabi Muhammad di Mekkah dengan Medinah
3.2.5. Menyimpulkan  strategi dakwah Nabi Muhammad Saw
75

75


73

76

77


75

73


75

74

73





75

77


75

76

74








75

74


77

74

76





75

76


74

73

74







75

75


76

77

76







3.4 Menganalisis  pola dakwah Nabi Muhammad di Mekah dan Medinah







3.4.6    Menjelaskan cara dakwah Nabi Muhammad saw periode Mekkah
3.4.7      Mengidentifikasi prioritas dakwah Nabi Muhammad saw periode Medinah
3.4.8      Menganalisis  bentuk-bentuk  ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang dihadapi Nabi Muhammad dalam berdakwah
3.4.9    Membandingkan cara dakwah Nabi Muhammad saw periode Mekkah dan Medinah
3.4.10Menyimpulkan  pola dakwah Nabi Muhammad


75

75


73


76

77




75

73


75


74

73






75

77


75


76

74









75

74


77


74

76






75

76


74


73

74





75

75


76


77

76





                                                                                                                                                                                   
                                                                                                                                                                                                                                                                         Cimanggu, 19 Juli 2016
Kepala Madrasah,                                                                                                                               Guru Mapel SKI                    
                                                                                               
                                   
Rusono, S.Pd.I                                                                                                                                    Sarifudin, S.Pd.I, M.Pd.
NIP. -                                                                                                                                                  NIP. 198210112007101001
PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Tahun Pelajaran       : 2016/ 2017

Satuan Pendidikan    : MTs At Taubah Cimanggu           Mata Pelajaran          : Sejarah Kebudayaan Islam              Kelas                           : VII (Tujuh) Genap

Kompetensi Inti:
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama Islam yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam sekitarnya.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena atau kejadian yang tampak mata.
4.      Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain menurut sudut pandang/teori yang kuat
Kompetensi Dasar
Indikator
KKM
KKM
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Indikator
KD
KI



3.1.    Mengidentifikasi berbagai kemajuan yang dicapai umat Islam  pada masa  Khulafaur Rasyidin























3.1.1. Menjelaskan berbagai kemajuan yang dicapai umat Islam  pada masa  Abu Bakar Ash Shiddiq RA
3.1.2.  Mengidentifikasi berbagai kemajuan yang dicapai umat Islam  pada masa  Umar bin Khattab RA
3.1.3.  Menganalisis berbagai kemajuan yang dicapai umat Islam  pada masa  Utsman bin Affan RA
3.1.4.  Mendiskripsikan berbagai kemajuan yang dicapai umat Islam  pada masa  Ali bin Abi Thalib RA
3.1.5.  Menyimpulkan hikmah kemajuan ummat Islam pada masa Khulafaur Rasyidin




75

75

73

76

77





75

73

75

74

73








75

77

75

76

74











75

74

77

74

76








75

76

74

73

74










75

75

76

77

76








3.2.    Memahami perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti bani Umayyah































.

3.2.1.  Menjelaskan perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti bani Umayyah di bidang sosial budaya
3.2.2.  Mengidentifikasi perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti bani Umayyah di bidang politik militer
3.2.3. Menganalisis perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti bani Umayyah di bidang ilmu pengetahuan
3.2.4. Membandingkan kemajuan yang telah dicapai khalifah Al Walid bin Abdul Malik dengan Umar bin Abdul Aziz
3.2.5. Menyimpulkan  perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti bani Umayyah




75


75


73


76


77





75


73


75


74


73








75


77


75


76


74











75


74


77


74


76








75


76


74


73


74










75


75


76


77


76









3.3.    Mengidentifikasi ilmuwan muslim dan perannya dalam memajukan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti Bani Umayyah.












3.3.1.  Mengidentifikasi ilmuwan muslim ahli Hadits
3.3.2.  Mengidentifikasi ilmuwan muslim ahli Tafsir
3.3.3.  Mengidentifikasi ilmuwan muslim ahli bahasa
3.3.4.  Mengidentifikasi ilmuwan muslim ahli kimia
3.3.5.  Mengambil hikmah dari ilmuwan muslim






75
75
73
76
77







75
73
75
74
73










75
77
75
76
74













75
74
77
74
76










75
76
74
73
74












75
75
76
77
76






3.4.   Memahami sikap dan gaya
kepemimpinan Umar bin Abdul Azis

3.4.1.  Mengidentifikasi sikap yang dimiliki Umar bin Abdul Azis
3.4.2.  Menganalisis kesederhanaan dan kezuhudan   Umar bin Abdul Azis
3.4.3.  Mengevaluasi gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis
3.4.4.  Membandingkan sikap toleran dan ketegasan Umar bin Abdul Azis
3.4.5.  Menyimpulkan sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis
3.4.6.   
75

76

74

73

76
76

74

76

77

74

73

75

75

76

75

77

75

75

74

75
74

76

73

75

76

76

74

77

75

74












                                                                                                                                                                                                                                                                         Cimanggu, 3 Januari 2017

Kepala Madrasah,                                                                                                                               Guru Mapel SKI                    
                                                                                               
           
           
Rusono, S.Pd.I                                                                                                                                    Sarifudin, S.Pd.I, M.Pd.
NIP. -                                                                                                                                                  NIP. 198210112007101001

LihatTutupKomentar