PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
SEJARAH
KEBUDAYAAN ISLAM
Tahun Pelajaran : 2016/ 2017
Satuan
Pendidikan : MTs At Taubah Cimanggu Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas :
VII (Tujuh) Ganjil
Kompetensi Inti:
1.
Menghargai dan menghayati
ajaran agama Islam yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam sekitarnya.
3.
Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena atau kejadian
yang tampak mata.
4.
Mengolah, menyaji dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain menurut
sudut pandang/teori yang kuat
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
KKM
|
KKM
|
|||||
|
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
Indikator
|
KD
|
KI
|
|||
|
3.1 Memahami sejarah
Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan
perdagangan
|
3.1.1
Menjelaskan peta wilayah Jazirah Arab
3.1.2
Menjelaskan kondisi kepercayaan masyarakat Mekah sebelum mengenal Islam
3.1.3
Mengindentifikasi kondisi sosial
masyarakat Medinah sebelum mengenal Islam
3.1.4
Menganalisis prioritas dakwah Nabi saw di Mekah dan Madinah
3.1.5 Menyimpulkan usaha Nabi Muhammad dalam membangun
masyarakat melalui kegiatan ekonomi
|
75
75
73
76
77
|
75
73
75
74
73
|
75
77
75
76
74
|
75
74
77
74
76
|
75
76
74
73
74
|
75
75
76
77
76
|
|
|
3.2 Memahami misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi
alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
|
3.2.1.
Menjelaskan prioritas
dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekkah
3.2.2.
Mengidentifikasi prioritas
dakwah Nabi Muhammad Saw. Medinah
3.2.3.
Menganalisis bentuk-bentuk
perjanjian yang pernah dilakukan Nabi saw di Mekkah dan Medinah
3.2.4.
Mengevaaluasi tujuan dan
manfaat dibentuknya perjanjian oleh
Nabi saw di Mekkah dan Medinah
3.2.5.Menyimpulkan
misi Nabi Muhammad Saw. sebagai
rahmat bagi alam semesta
|
75
78
76
78
75
|
75
72
74
72
75
|
76
73
75
73
77
|
74
77
75
77
73
|
77
74
73
76
76
|
73
76
78
74
74
|
|
|
3.3 Memahami strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah dan
Medinah
|
3.3.1. Menjelaskan keadaan masyarakat kota Mekkah sebelum
Islam datang
3.3.2Mengidentifikasi keadaan masyarakat kota Medinah sebelum Islam datang
3.2.3. Menganalisis strategi dakwah Nabi
Muhammad Saw. di
Mekah dan Medinah
3.2.4. Membandingkan perbedaan cara dakwah Nabi Muhammad di Mekkah dengan
Medinah
3.2.5. Menyimpulkan
strategi
dakwah Nabi Muhammad Saw
4.3.1Menyusun peta konsep mengenai strategi dakwah Nabi
Muhammad Saw. di
Mekah dan Medinah
|
75
75
73
76
77
74
|
75
73
75
74
73
76
|
75
77
75
76
74
77
|
75
74
77
74
76
73
|
75
76
74
73
74
77
|
75
75
76
77
76
73
|
|
|
3.4 Menganalisis pola dakwah Nabi Muhammad di Mekah dan
Medinah
|
3.4.1
Menjelaskan cara dakwah Nabi Muhammad saw periode
Mekkah
3.4.2
Mengidentifikasi prioritas dakwah Nabi Muhammad saw periode Medinah
3.4.3
Menganalisis bentuk-bentuk ancaman,
tantangan, hambatan dan gangguan
yang dihadapi Nabi
Muhammad dalam berdakwah
3.4.4
Membandingkan cara dakwah Nabi Muhammad saw periode
Mekkah
dan Medinah
3.4.5
Menyimpulkan
pola dakwah Nabi Muhammad
|
75
75
73
76
77
|
75
73
75
74
73
|
75
77
75
76
74
|
75
74
77
74
76
|
75
76
74
73
74
|
75
75
76
77
76
|
|
|
3.3 Memahami strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah dan
Medinah
|
3.3.1. Menjelaskan keadaan masyarakat kota Mekkah sebelum
Islam datang
3.3.2Mengidentifikasi keadaan masyarakat kota Medinah sebelum Islam datang
3.2.3. Menganalisis strategi dakwah Nabi
Muhammad Saw. di
Mekah dan Medinah
3.2.4. Membandingkan perbedaan cara dakwah Nabi Muhammad di Mekkah dengan
Medinah
3.2.5. Menyimpulkan
strategi
dakwah Nabi Muhammad Saw
|
75
75
73
76
77
|
75
73
75
74
73
|
75
77
75
76
74
|
75
74
77
74
76
|
75
76
74
73
74
|
75
75
76
77
76
|
|
|
3.4 Menganalisis pola dakwah Nabi Muhammad di Mekah dan
Medinah
|
3.4.6
Menjelaskan cara dakwah Nabi Muhammad saw periode
Mekkah
3.4.7
Mengidentifikasi prioritas dakwah Nabi Muhammad saw periode Medinah
3.4.8
Menganalisis bentuk-bentuk ancaman,
tantangan, hambatan dan gangguan
yang dihadapi Nabi
Muhammad dalam berdakwah
3.4.9
Membandingkan cara dakwah Nabi Muhammad saw periode
Mekkah
dan Medinah
3.4.10Menyimpulkan
pola dakwah Nabi Muhammad
|
75
75
73
76
77
|
75
73
75
74
73
|
75
77
75
76
74
|
75
74
77
74
76
|
75
76
74
73
74
|
75
75
76
77
76
|
|
Cimanggu, 19
Juli 2016
Kepala
Madrasah, Guru Mapel SKI
Rusono, S.Pd.I Sarifudin, S.Pd.I, M.Pd.
NIP. - NIP. 198210112007101001
PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
SEJARAH
KEBUDAYAAN ISLAM
Tahun Pelajaran : 2016/ 2017
Satuan
Pendidikan : MTs At Taubah Cimanggu Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas :
VII (Tujuh) Genap
Kompetensi Inti:
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama Islam yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam sekitarnya.
3.
Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena atau kejadian
yang tampak mata.
4.
Mengolah, menyaji dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain menurut
sudut pandang/teori yang kuat
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
KKM
|
KKM
|
|||||
|
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
Intake
|
Indikator
|
KD
|
KI
|
|||
|
3.1. Mengidentifikasi berbagai kemajuan yang dicapai umat Islam pada masa Khulafaur
Rasyidin
|
3.1.1.
Menjelaskan
berbagai kemajuan yang dicapai umat Islam pada masa Abu Bakar Ash
Shiddiq RA
3.1.2.
Mengidentifikasi berbagai kemajuan yang dicapai umat Islam pada masa Umar bin
Khattab RA
3.1.3.
Menganalisis berbagai kemajuan yang dicapai umat Islam pada masa Utsman bin
Affan RA
3.1.4.
Mendiskripsikan berbagai kemajuan yang dicapai umat Islam pada masa Ali bin Abi
Thalib RA
3.1.5.
Menyimpulkan hikmah kemajuan ummat Islam pada masa Khulafaur Rasyidin
|
75
75
73
76
77
|
75
73
75
74
73
|
75
77
75
76
74
|
75
74
77
74
76
|
75
76
74
73
74
|
75
75
76
77
76
|
|
|
3.2. Memahami
perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti
bani Umayyah
.
|
3.2.1. Menjelaskan
perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti
bani Umayyah di bidang sosial budaya
3.2.2.
Mengidentifikasi
perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti
bani Umayyah di bidang politik militer
3.2.3. Menganalisis perkembangan kebudayaan/ peradaban
Islam pada masa dinasti bani Umayyah
di bidang
ilmu pengetahuan
3.2.4. Membandingkan kemajuan yang telah dicapai khalifah Al Walid bin Abdul
Malik dengan Umar bin Abdul Aziz
3.2.5. Menyimpulkan perkembangan kebudayaan/ peradaban
Islam pada masa dinasti bani Umayyah
|
75
75
73
76
77
|
75
73
75
74
73
|
75
77
75
76
74
|
75
74
77
74
76
|
75
76
74
73
74
|
75
75
76
77
76
|
|
|
3.3. Mengidentifikasi ilmuwan muslim dan perannya dalam
memajukan kebudayaan/ peradaban
Islam pada masa dinasti Bani Umayyah.
|
3.3.1.
Mengidentifikasi
ilmuwan muslim ahli Hadits
3.3.2.
Mengidentifikasi
ilmuwan muslim ahli Tafsir
3.3.3.
Mengidentifikasi
ilmuwan muslim ahli bahasa
3.3.4.
Mengidentifikasi
ilmuwan muslim ahli kimia
3.3.5.
Mengambil hikmah dari ilmuwan muslim
|
75
75
73
76
77
|
75
73
75
74
73
|
75
77
75
76
74
|
75
74
77
74
76
|
75
76
74
73
74
|
75
75
76
77
76
|
|
|
3.4. Memahami sikap dan gaya
kepemimpinan Umar bin Abdul
Azis
|
3.4.1.
Mengidentifikasi
sikap yang dimiliki Umar bin Abdul Azis
3.4.2.
Menganalisis
kesederhanaan dan kezuhudan Umar
bin Abdul Azis
3.4.3.
Mengevaluasi gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis
3.4.4.
Membandingkan sikap toleran dan ketegasan Umar bin Abdul Azis
3.4.5.
Menyimpulkan sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis
3.4.6.
|
75
76
74
73
76
|
76
74
76
77
74
|
73
75
75
76
75
|
77
75
75
74
75
|
74
76
73
75
76
|
76
74
77
75
74
|
|
Cimanggu,
3 Januari 2017
Kepala
Madrasah, Guru Mapel SKI
Rusono, S.Pd.I Sarifudin, S.Pd.I, M.Pd.
NIP. - NIP. 198210112007101001