KISI-KISI TRY
OUT UJIAN AKHIR MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL (TO UAMBN)
KKM
MADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN CILACAP
TAHUN
PELAJARAN 2016/2017
Jenis
Madrasah :
Madrasah Tsanawiyah Bentuk Tes : Pilihan Ganda
Mata Pelajaran : SKI Jumlah
Soal : 50 Butir
Kurikulum : 2013 Waktu : 90 Menit
|
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Jumlah
Soal
|
Indikator
|
Nomor
Soal
|
Bentuk
Soal
|
Bobot
Soal
|
||||
|
1.
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
|
1.
|
|
Misi
Rasulullah SAW sebagai Rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian,
kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
|
1
|
Menganalisis
perilaku masyarakat Mekkah sebelum Islam datang.
|
1
|
PG
|
MD
|
||||
|
2
|
|
|
1
|
Menerapkan
sikap dalam berdakwah sesuai dengan strategi dakwah Rasulullah SAW.
|
2
|
PG
|
MD
|
||||
|
3
|
Mengidentifikasi
strategi dakwah Rasulullah SAW. di Madinah.
|
Dakwah
Rasulullah SAW. di Madinah.
|
1
|
Menentukan
langkah awal Dakwah Nabi Muhammad SAW ketika tiba di Madinah.
|
3
|
PG
|
MD
|
||||
|
|
|
|
1
|
Menganalisa strategi dakwah Nabi Muhammad SAW di
Madinah dalam rangka toleransi beragama.
|
4
|
PG
|
MD
|
||||
|
4.
|
|
Kemajuan
yang dicapai umat Islam pada masa Khulafaurrasyidin
|
1
|
Mengidentifikasi
salah satu prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin.
|
5
|
PG
|
MD
|
||||
|
5.
|
Mengidentifikasi
berbagai prestasi yang dicapai oleh Umat Islam pada masa Khulafaurrasyidin
|
Kemajuan
yang dicapai umat Islam pada masa Khulafaurrasyidin
|
1
|
Menganalisis
prestasi khulafa’urrasyidin yang masih dapat dirasakan sampai sekarang
|
6
|
PG
|
SD
|
||||
|
|
|
|
1
|
Menganalisis prestasi khulafakhurrasyidin yang
berkaitan dg kehidupan bernegara yang saat ini masih korupsi, kolusi dan
nepotisme.
|
7
|
PG
|
SD
|
||||
|
6.
|
Memahami perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa
dinasti Bani Umayyah.
|
Perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti Bani
Umayyah.
|
1
|
Menganalisis perkembangan peradaban Islam masa Bani Umayah.
|
8
|
PG
|
SD
|
||||
|
7.
|
Membuat peta konsep mengenai kemajuan kebudayaan dan peradaban
pada masa dinasti Bani Umayyah.
|
Perkembangan kebudayaan / peradaban Islam pada masa dinasti Bani
Umayyah.
|
1
|
Menentukan kemajuan yang dicapai masa Abdul Malik bin Marwan.
|
9
|
PG
|
SD
|
||||
|
8.
|
Memahami perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa
dinasti Bani Umayyah.
|
Perkembangan Kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Bani
Umayyah.
|
1
|
Menganalisis sikap dan karakter Khalifah Bani Umayah yang bisa
diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
|
10
|
PG
|
SK
|
||||
|
9.
|
Memahami sejarah berdirinya
Dinasti Abbasiyah.
|
Sejarah berdirinya
Dinasti Abbasiyah.
|
1
|
Sejarah berdirinya
Dinasti Abbasiyah.
|
11
|
PG
|
SK
|
||||
|
10.
|
Memahami sejarah berdirinya
Dinasti Abbasiyah.
|
Sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.
|
1
|
Menentukan tokoh-tokoh yang berperan besar dalam proses
berdirinya Bani Abasiyah.
|
.12
|
PG
|
MD
|
||||
|
11.
|
Menceritakan Sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.
|
Khalifah terkenal Dinasti Abasiyah
|
1
|
Menentukan nama-nama khalifah yang terkenal Bani Abasiyah.
|
13
|
PG
|
SK
|
||||
|
12.
|
Memahami perkembangan
kebudayaan/ peradaban Islam
pada masa Dinasti Abbasiyah.
|
Perkembangan kebudayaan Islam pada masa Dinasti Abasiyah Bidang
Ekonomi
|
1
|
Menentukan salah satu kemajuan kebudayaan Islam pada masa
Dinasti Abbasiyah bidang Ekonomi.
|
14
|
PG
|
MD
|
||||
|
|
|
Perkembangan kebudayaan Islam pada masa Dinasti Abbasiyah bidang
kedokteran
|
1
|
Mengidentifikasi salah satu kebudayaan Islam pada masa Dinasti
Abbasiyah bidang kedokteran
|
15
|
PG
|
SK
|
||||
|
13.
|
Mengidentifikasi Tokoh Ilmuwan
Muslim Ali bin Rabban at-Tabari,
Ibnu Sina, Ar-Razi (ahli
kedokteran), Al-Kindi, Al-Gazali, Ibnu Maskawaih (ahli
filsafat),
Jabir bin Hayyan (ahli kimia),
Muhammad bin Musa al-
Khawarizmi (ahli astronomi), juga perannya dalam kemajuan.
|
Tokoh-tokoh Ilmuwan Muslim dan peranannya dalam kemajuan
kebudayaan Islam pada masa Bani Abbasiyah.
|
1
|
Menganalis Tokoh-tokoh Ilmu kedokteran pada masa Dinasti
Abbasiyah.
|
16
|
PG
|
MD
|
||||
|
|
|
|
1
|
Menganalisis tokoh-tokoh ahli filsafat
pada masa Dinasti Abbasiyah.
|
17
|
PG
|
SK
|
||||
|
|
|
|
1
|
Menganalisis tokoh-tokoh ahli kimia pada
masa Dinasti.
|
18
|
PG
|
SK
|
||||
|
|
|
|
1
|
Menganalisis
ibrah/hikmah yang bisa diteladani dari tokoh ilmu pengetahuan masa
Dinasti Abbasiyah.
|
19
|
PG
|
SD
|
||||
|
14.
|
Mengidentifikasi para ulama’
penyusun kutubussittah (ahli
hadis), empat imam mazhab (ahli
fikih), Imam At-Tabari, Ibnu
Katsir (ahli tafsir) dan perannya
dalam kemajuan
kebudayaan/peradaban Islam pada
masa Dinasti Abbasiyah.
|
Perkembangan kebudayaan Islam pada masa Dinasti Abasiyah Bidang
Ilmu Pengetahuan Agama.
|
1
|
Menganalisis ulama-ulama penyusun Kutubus sittah yang
muncul pada masa Bani Abasiyah.
|
20
|
PG
|
SK
|
||||
|
|
|
|
1
|
Mengidentifikasi ulama-ulama yang termasuk empat imam madzhab
|
21
|
PG
|
MD
|
||||
|
15
|
Memahami Sejarah berdirinya Dinasti Ayyubiyah.
|
Sejarah berdirinya Dinasti Ayyubiyah.
|
1
|
Mengidentifikasi biografi singkat pendiri Dinasti Ayyubiyah.
|
22
|
PG
|
MD
|
||||
|
16.
|
Menceritakan Sejarah berdirinya Dinasti Ayyubiyah.
|
Sejarah berdirinya Dinasti Ayyubiyah.
|
1
|
Menentukan salah satu faktor berdirinya Dinasti Ayyubiyah
|
23
|
PG
|
SD
|
||||
|
17
|
Mengidentifikasi perkembangan
kebudayaa /peradaban Islam pada masa Dinasti Ayyubiyah.
|
Perkembangan kebudayaan Islam pada masa Dinasti Ayyubiyah.
|
1
|
Menentukan prestasi Salahuddin al-Ayyubi pada masa Dinasti
Ayyubiyah.
|
24
|
PG
|
MD
|
||||
|
18
|
Memahami semangat perjuangan para penguasaDinasti Ayyubiyah yang
terkenal (Shalahuddin al-Ayyubi, Al Adildan Al Kamil).
|
.
|
1
|
Mengidentifikasi salah satu usaha yang dilakukan oleh Khalifah
al-Adil dalam perkembangan kebudayaan Islam pada masa Dinasti Ayyubiyah
|
25
|
PG
|
MD
|
||||
|
19.
|
Memahami sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui Perdagangan
Sosial, dan Pengajaran.
|
Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial,
danpengajaran.
|
1
|
Mengidentifikasi salah satu bukti masuknya Islam ke Indonesia
|
26
|
PG
|
MD
|
||||
|
|
|
Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial,
dan pengajaran
|
1
|
Mengidentifikasi cara-cara masuknya Islam ke Indonesia
|
27
|
PG
|
MD
|
||||
|
|
.
|
Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial,
dan pengajaran
|
1
|
Mengindentifikasi faktor-faktor berkembangnya Islam di Indonesia
|
28
|
PG
|
MD
|
||||
|
20.
|
Memahami sejarah kerajaan islam di jawa sumatera dan sulawesi.
|
Sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
|
1
|
Mengidentifikasi salah satu bukti adanya kerajaan Samudra Pasai
|
29
|
PG
|
MD
|
||||
|
|
|
Sejarah kerajaan Islam di
Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
|
1
|
Mengidentifikasi peranan penting dari Kerajaan Malaka
|
30
|
PG
|
MD
|
||||
|
|
|
Sejarah kerajaan Islam di
Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
|
1
|
Mengidentifikasi latar belakang berdirinya Kerajaan Aceh
|
31
|
PG
|
MD
|
||||
|
|
|
Sejarah kerajaan Islam di
Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
|
1
|
Mengidentifikasi
peranan kerajaan Demak dalam penyebaran agama Islam
|
32
|
PG
|
MD
|
||||
|
|
|
Sejarah kerajaan Islam di
Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
|
1
|
Mengidentifikasi
latar belakang berdirinya kerajaan Banten
|
33
|
PG
|
MD
|
||||
|
|
|
Sejarah kerajaan Islam di
Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
|
1
|
Mengidentifikasi
latar belakang berdirinya kerajaan Mataram
|
34
|
PG
|
MD
|
||||
|
|
|
Sejarah kerajaan Islam di
Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
|
|
Mengidentifikasi
latar belakang berdirinya kerajaan Gowa dan Tallo
|
35
|
PG
|
MD
|
||||
|
|
|
Sejarah kerajaan Islam di
Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
|
1
|
Mengidentifikasi
faktor-faktor berdirinya kerajaan Ternate dan Tidore
|
36
|
PG
|
MD
|
||||
|
21.
|
Memahami
biografi pata tokoh dan perannya dalam mengembangkan islam di indonesia( Wali
songo,Abdur rauf Singkel,M.Arsyad al- Banjari,K.H Ahmad dahlan dan K.H.Hasyim
asy’ari
|
Biografi pata tokoh dan perannya
dalam mengembangkan islam di indonesia( Wali songo,Abdur rauf
Singkel,M.Arsyad al- Banjari,K.H Ahmad dahlan dan K.H.Hasyim asy’ari
|
1
|
Mengidentifikasi
peran Abdul Rauf singkel dalam perkembangan Islam di indonesia
|
37
|
PG
|
MD
|
||||
|
|
|
Biografi pata tokoh dan perannya
dalam mengembangkan islam di indonesia( Wali songo,Abdur rauf
Singkel,M.Arsyad al- Banjari,K.H Ahmad dahlan dan K.H.Hasyim asy’ari
|
1
|
Mengidentifikasi tokoh-tokoh
Walisongo
|
38
|
PG
|
MD
|
||||
|
|
|
Biografi pata tokoh dan perannya
dalam mengembangkan islam di indonesia (Wali songo,Abdur rauf
Singkel,M.Arsyad al- Banjari,K.H Ahmad dahlan dan K.H. Hasyim asy’ari
|
1
|
Mengidentifikasi peran salah
satu tokoh dalam perkembangan islam di Indonesia
|
39
|
PG
|
MD
|
||||
|
|
|
Biografi pata tokoh dan perannya
dalam mengembangkan islam di indonesia (Wali songo,Abdur rauf Singkel,
M.Arsyad al-Banjari, K.H Ahmad dahlan dan K.H.Hasyim asy’ari
|
1
|
Mengidentifikasi perilaku
baik yang dapat di teladani dari para Walisongo
|
40
|
PG
|
MD
|
||||
|
22.
|
Memahami semangat perjuangan Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad
Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari dalam menyebarkan agama
Islam di Indonesia
|
Semangat perjuangan Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad
Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari dalam menyebarkan agama
Islam di Indonesia.
|
.1
|
Mengidentifikasi perilaku baik yang dapat diteladani dari tokoh
Abdul Rauf Singkel.
|
41
|
PG
|
MD
|
||||
|
|
|
Semangat perjuangan
Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim
Asy‘ari dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.
|
1
|
Mengidentifikasi perilaku baik yang dapat diteladani dari tokoh M.
Arsyad al-Banjari
|
42
|
PG
|
SK
|
||||
|
23
|
Menceritakan seni Budaya lokal sebagai bagian dari tradesi
Islam.
|
Seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam.
|
1
|
Mengidentifikasi pengertian tradisi Islam Nusantara.
|
43
|
PG
|
MD
|
||||
|
24
|
Memahami bentuk seni budaya lokal (Wayang, Kasidah, dan Hadrah).
|
Seni budaya lokal (Wayang, Kasidah, dan Hadrah).
|
.1
|
Mengidentifikasi salah satu contoh kesenian dan adat Nusantara.
|
44
|
PG
|
SD
|
||||
|
|
|
Seni budaya lokal (Wayang, Kasidah, dan Hadrah).
|
1
|
Mengidentifikasi
pengertian akulturasi.
|
45
|
PG
|
SD
|
||||
|
25.
|
Memahami bentuk tradisi umat Islam (di Jawa, Sunda, Melayu,
Bugis, Minang, Madura).
|
Tradisi umat Islam (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura).
|
1
|
Mengidentifikasi salah
satu contoh seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
|
46
|
PG
|
SK
|
||||
|
|
|
|
1
|
Mengidentifikasi bentuk apresiasi terhadap tradisi dan upacara
adat kesukuan Nusantara
|
47
|
PG
|
MD
|
||||
|
26
|
Membandingkan nilai-nilai tradisi umat Islam (di Jawa, Sunda,
Melayu, Bugis, Minang, Madura).
|
Mengidentifikasi nilai-nilai tradisi umat Islam (di Jawa, Sunda,
Melayu, Bugis, Minang, Madura).
|
1
|
Mengidentifikasi keterkaitan budaya lokal dengan tradisi Islam
di Indonesia
|
48
|
PG
|
MD
|
||||
|
|
|
|
1
|
Mengidentifikasi contoh tradisi dan kesenian adat yang bercorak
Islam
|
49
|
PG
|
MD
|
||||
|
|
|
|
1
|
Mengidentifikasi contoh atau bentuk tradisi Islam yang
berkembang di Indonesia
|
50
|
PG
|
SD
|
||||
Keterangan:
|
Md = Mudah = 30 % =
13
Sd = Sedang = 50 % =
23
Sk = Sukar = 20 % = 9
Jumlah = 100 % = 45