KISI-KISI TRY OUT UAMBN SKI MTs N MAJENANG TP. 2016/2017



KISI-KISI TRY OUT UJIAN AKHIR MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL (TO UAMBN)
KKM MADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN CILACAP
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Jenis Madrasah            : Madrasah Tsanawiyah                                                                                                                                  Bentuk Tes      : Pilihan Ganda
Mata Pelajaran            : SKI                                                                                                                                                               Jumlah Soal     : 50 Butir
Kurikulum                   : 2013                                                                                                                                                             Waktu             : 90 Menit
No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Jumlah Soal
Indikator
Nomor Soal
Bentuk Soal
Bobot Soal
1.
2
3
4
5
6
7
8
1.
Memahami Misi Rasulullah SAW. sebagai Rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.

Misi Rasulullah SAW sebagai Rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
1
Menganalisis perilaku masyarakat Mekkah sebelum Islam datang.
1
PG
MD
2

Memahami strategi dakwah Rasulullah SAW. di Mekah.

Memahami strategi dakwah Rasulullah SAW. di Mekah.





1
Menerapkan sikap dalam berdakwah sesuai dengan strategi dakwah Rasulullah SAW.
2
PG
MD
3



Mengidentifikasi strategi dakwah Rasulullah SAW. di Madinah.


Dakwah Rasulullah SAW. di Madinah.



1
Menentukan langkah awal Dakwah Nabi Muhammad SAW ketika tiba di Madinah.
3
PG
MD




















1
Menganalisa strategi dakwah Nabi Muhammad SAW di Madinah dalam rangka toleransi beragama.
4
PG
MD
4.

Mengidentifikasi berbagai prestasi yang dicapai oleh Umat Islam pada masa Khulafaurrasyidin

Kemajuan yang dicapai umat Islam pada masa Khulafaurrasyidin
1
Mengidentifikasi salah satu prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin.
5
PG
MD
5.
Mengidentifikasi berbagai prestasi yang dicapai oleh Umat Islam pada masa Khulafaurrasyidin
Kemajuan yang dicapai umat Islam pada masa Khulafaurrasyidin
1
Menganalisis prestasi khulafa’urrasyidin yang masih dapat dirasakan sampai sekarang
6
PG
SD



1

Menganalisis prestasi khulafakhurrasyidin yang berkaitan dg kehidupan bernegara yang saat ini masih korupsi, kolusi dan nepotisme.

7
PG
SD
6.
Memahami perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa dinasti Bani Umayyah.
Perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti Bani Umayyah.
1
Menganalisis perkembangan peradaban Islam masa Bani Umayah.
8
PG
SD
7.
Membuat peta konsep mengenai kemajuan kebudayaan dan peradaban pada masa dinasti Bani Umayyah.
Perkembangan kebudayaan / peradaban Islam pada masa dinasti Bani Umayyah.
1
Menentukan kemajuan yang dicapai masa Abdul Malik bin Marwan.
9
PG
SD
8.
Memahami perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa dinasti Bani Umayyah.

Perkembangan Kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Dinasti Bani Umayyah.

1
Menganalisis sikap dan karakter Khalifah Bani Umayah yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
10
PG
SK
9.

Memahami sejarah berdirinya
Dinasti Abbasiyah.
Sejarah berdirinya
Dinasti Abbasiyah.

1
Sejarah berdirinya
Dinasti Abbasiyah.
11
PG
SK
10.
Memahami sejarah berdirinya
Dinasti Abbasiyah.
Sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.
1
Menentukan tokoh-tokoh yang berperan besar dalam proses berdirinya Bani Abasiyah.
.12
PG
MD
11.
Menceritakan Sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.
Khalifah terkenal Dinasti Abasiyah
1
Menentukan nama-nama khalifah yang terkenal Bani Abasiyah.
13
PG
SK
12.
Memahami perkembangan
kebudayaan/ peradaban Islam
pada masa Dinasti Abbasiyah.
Perkembangan kebudayaan Islam pada masa Dinasti Abasiyah Bidang Ekonomi
1
Menentukan salah satu kemajuan kebudayaan Islam pada masa Dinasti Abbasiyah bidang Ekonomi.
14
PG
MD


Perkembangan kebudayaan Islam pada masa Dinasti Abbasiyah bidang kedokteran
1
Mengidentifikasi salah satu kebudayaan Islam pada masa Dinasti Abbasiyah bidang kedokteran
15
PG
SK
13.
Mengidentifikasi Tokoh Ilmuwan
Muslim Ali bin Rabban at-Tabari,
Ibnu Sina, Ar-Razi (ahli
kedokteran), Al-Kindi, Al-Gazali, Ibnu Maskawaih (ahli filsafat),
Jabir bin Hayyan (ahli kimia),
Muhammad bin Musa al-
Khawarizmi (ahli astronomi), juga perannya dalam kemajuan.
Tokoh-tokoh Ilmuwan Muslim dan peranannya dalam kemajuan kebudayaan Islam pada masa Bani Abbasiyah.
1
Menganalis Tokoh-tokoh Ilmu kedokteran pada masa Dinasti Abbasiyah.
16
PG
MD



1
Menganalisis tokoh-tokoh ahli filsafat pada     masa Dinasti Abbasiyah.
17
PG
SK



1
Menganalisis tokoh-tokoh ahli kimia pada masa Dinasti.
18
PG
SK



1
Menganalisis ibrah/hikmah yang bisa diteladani dari tokoh ilmu pengetahuan masa
Dinasti Abbasiyah.
19
PG
SD
14.
Mengidentifikasi para ulama’
penyusun kutubussittah (ahli
hadis), empat imam mazhab (ahli
fikih), Imam At-Tabari, Ibnu
Katsir (ahli tafsir) dan perannya
dalam kemajuan
kebudayaan/peradaban Islam pada
masa Dinasti Abbasiyah.
Perkembangan kebudayaan Islam pada masa Dinasti Abasiyah Bidang Ilmu Pengetahuan Agama.
1
Menganalisis ulama-ulama penyusun Kutubus sittah yang muncul pada masa Bani Abasiyah.
20
PG
SK



1
Mengidentifikasi ulama-ulama yang termasuk empat imam madzhab
21
PG
MD
15
Memahami Sejarah berdirinya Dinasti Ayyubiyah.
Sejarah berdirinya Dinasti Ayyubiyah.
1
Mengidentifikasi biografi singkat pendiri Dinasti Ayyubiyah.
22
PG
MD
16.
Menceritakan Sejarah berdirinya Dinasti Ayyubiyah.
Sejarah berdirinya Dinasti Ayyubiyah.
1
Menentukan salah satu faktor berdirinya Dinasti Ayyubiyah
23
PG
SD
17
Mengidentifikasi perkembangan
kebudayaa /peradaban Islam pada masa Dinasti Ayyubiyah.
Perkembangan kebudayaan Islam pada masa Dinasti Ayyubiyah.
1
Menentukan prestasi Salahuddin al-Ayyubi pada masa Dinasti Ayyubiyah.
24
PG
MD
18
Memahami semangat perjuangan para penguasaDinasti Ayyubiyah yang terkenal (Shalahuddin al-Ayyubi, Al Adildan Al Kamil).
.
1
Mengidentifikasi salah satu usaha yang dilakukan oleh Khalifah al-Adil dalam perkembangan kebudayaan Islam pada masa Dinasti Ayyubiyah
25
PG
MD
19.
Memahami sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui Perdagangan Sosial, dan Pengajaran.
Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, danpengajaran.
1
Mengidentifikasi salah satu bukti masuknya Islam ke Indonesia
26
PG
MD


Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
1
Mengidentifikasi cara-cara masuknya Islam ke Indonesia
27
PG
MD

.
Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
1
Mengindentifikasi faktor-faktor berkembangnya Islam di Indonesia

28
PG
MD
20.
Memahami sejarah kerajaan islam di jawa sumatera dan sulawesi.
Sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
1
Mengidentifikasi salah satu bukti adanya kerajaan Samudra Pasai
29
PG
MD


Sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
1
Mengidentifikasi peranan penting dari Kerajaan Malaka
30
PG
MD


Sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
1
Mengidentifikasi latar belakang berdirinya Kerajaan Aceh
31
PG
MD


Sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
1
Mengidentifikasi peranan kerajaan Demak dalam penyebaran agama Islam
32
PG
MD


Sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
1
Mengidentifikasi latar belakang berdirinya kerajaan Banten
33
PG
MD


Sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
1
Mengidentifikasi latar belakang berdirinya kerajaan Mataram
34
PG
MD


.



Sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi

Mengidentifikasi latar belakang berdirinya kerajaan Gowa dan Tallo
35
PG
MD


Sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
1
Mengidentifikasi faktor-faktor berdirinya kerajaan Ternate dan Tidore
36
PG
MD
21.
Memahami biografi pata tokoh dan perannya dalam mengembangkan islam di indonesia( Wali songo,Abdur rauf Singkel,M.Arsyad al- Banjari,K.H Ahmad dahlan dan K.H.Hasyim asy’ari
Biografi pata tokoh dan perannya dalam mengembangkan islam di indonesia( Wali songo,Abdur rauf Singkel,M.Arsyad al- Banjari,K.H Ahmad dahlan dan K.H.Hasyim asy’ari
1
Mengidentifikasi peran Abdul Rauf singkel dalam perkembangan Islam di indonesia
37
PG
MD


Biografi pata tokoh dan perannya dalam mengembangkan islam di indonesia( Wali songo,Abdur rauf Singkel,M.Arsyad al- Banjari,K.H Ahmad dahlan dan K.H.Hasyim asy’ari
1
Mengidentifikasi tokoh-tokoh Walisongo
38
PG
MD


Biografi pata tokoh dan perannya dalam mengembangkan islam di indonesia (Wali songo,Abdur rauf Singkel,M.Arsyad al- Banjari,K.H Ahmad dahlan dan K.H. Hasyim asy’ari
1
Mengidentifikasi peran salah satu tokoh dalam perkembangan islam di Indonesia
39
PG
MD


Biografi pata tokoh dan perannya dalam mengembangkan islam di indonesia (Wali songo,Abdur rauf Singkel, M.Arsyad al-Banjari, K.H Ahmad dahlan dan K.H.Hasyim asy’ari
1
Mengidentifikasi perilaku baik yang dapat di teladani dari para Walisongo
40
PG
MD
22.
Memahami semangat perjuangan Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia
Semangat perjuangan Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.
.1
Mengidentifikasi perilaku baik yang dapat diteladani dari tokoh Abdul Rauf Singkel.
41
PG
MD


Semangat perjuangan Abdurrauf Singkel, Muhammad Arsyad Al-Banjari, K.H. Ahmad Dahlan dan K.H. Hasyim Asy‘ari dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.
1
Mengidentifikasi perilaku baik yang dapat diteladani dari tokoh M. Arsyad al-Banjari
42
PG
SK
23
Menceritakan seni Budaya lokal sebagai bagian dari tradesi Islam.
Seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam.
1
Mengidentifikasi pengertian tradisi Islam Nusantara.
43
PG
MD
24
Memahami bentuk seni budaya lokal (Wayang, Kasidah, dan Hadrah).
Seni budaya lokal (Wayang, Kasidah, dan Hadrah).
.1
Mengidentifikasi salah satu contoh kesenian dan adat Nusantara.
44
PG
SD


Seni budaya lokal (Wayang, Kasidah, dan Hadrah).
1
Mengidentifikasi pengertian akulturasi.
45
PG
SD
25.
Memahami bentuk tradisi umat Islam (di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura).
Tradisi umat Islam (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura).
1
 Mengidentifikasi salah satu contoh seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
46
PG
SK



1
Mengidentifikasi bentuk apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara
47
PG
MD
26
Membandingkan nilai-nilai tradisi umat Islam (di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura).
Mengidentifikasi nilai-nilai tradisi umat Islam (di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura).
1
Mengidentifikasi keterkaitan budaya lokal dengan tradisi Islam di Indonesia
48
PG
MD


Mengidentifikasi nilai-nilai tradisi umat
 Islam (di jawa,sunda,melayu,bugis dan
Madura)


Mengidentifikasi contoh tradisi dan kesenian adat yang bercorak Islam.


1
Mengidentifikasi contoh tradisi dan kesenian adat yang bercorak Islam
49
PG
MD


Mengklasifikasi nilai-nilai tradisi umat
Islam (di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis,
Minang, Madura).
Mengidentifikasi contoh atau bentuk tradisi Islam yang berkembang di Indonesia.


1
Mengidentifikasi contoh atau bentuk tradisi Islam yang berkembang di Indonesia
50
PG
SD

Keterangan:

Cilacap, 11 Februari 2017

Tim Penyunting
1.    Sutiman, S.Ag (MTsN Kawunganten 082240943549)
2.    Sarifudin, S.Pd.I, M.Pd. (MTs N Majenang 081327426880)


 
PG       = Pilihan Ganda
Md      = Mudah         =   30 %           = 13
Sd        = Sedang         =   50 %           = 23
Sk        = Sukar            =   20 %           =   9                       
Jumlah                         = 100 %           = 45






LihatTutupKomentar