Kisi-Kisi Ujian Keterampilan SKI MTs TP. 2018/2019


KISI-KISI UJIAN KETERAMPILAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 CILACAP
TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Jenis Madrasah            : Madrasah Tsanawiyah                                                          Bentuk Keterampilan  : Unjuk kerja, Proyek, Produk
Mata Pelajaran            : SKI                                                                                       Jumlah Indikator         : 4 Butir
Kurikulum                   : 2013                                                                                     Waktu                         : 120 Menit
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Kompetensi
Aspek Penilaian
Bentuk keterampilan
Alat peraga
1
Memahami bentuk seni budaya lokal (Wayang, Kasidah, dan Hadrah)
Bentuk seni budaya lokal (Wayang, Kasidah, dan Hadrah)
Peserta didik dapat mempresentasikan seni budaya lokal wayang yang berisi ajaran Islam
1.     Kecakapan lisan
2.     Kontekstual
3.     Fakta
ceramah
Kertas HVS F4 70 dan bulpoint
2

Memahami bentuk tradisi umat Islam (di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura).


Tradisi umat Islam (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura).

Peserta didik dapat mengklasifikasi tradisi umat Islam dengan asal daerahnya

1.       Bahan
2.       Variasi warna
3.       Hasil/laporan
Portofolio

Kertas Asturo, Lem, penggaris dan Gambar tradisi Islam dengan asal daerahnya


3

Membandingkan pendekatan seni budaya  lokal (Wayang, Kasidah, dan Hadrah)

Pendekatan seni budaya  lokal (Wayang, Kasidah, dan Hadrah)

Peserta didik dapat menganalisa perbedaan pendekatan antara wayang dan kasidah
1.       Kelengkapan Informasi
2.       Gambar-gambar dalam rekaman (scene) yang mendukung informasi
3.       Kesesuaian konteks yang dipilih
4.       Hasil/laporan
Proyek

Video tentang wayang jamus kalimosodo dan qasidah, Kertas HVS F4 70
4

Membandingkan nilai-nilai tradisi umat Islam (di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura)

Nilai-nilai tradisi umat Islam (di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura)
Peserta didik dapat mensimulasikan bentuk tradisi Islam yang berkembang di Indonesia
1.       Adab
2.       Pemeranan
3.       Partisipasi

Produk
Buku tahlil, Buku Sholawatan, *Kitab Al-Barjanzi, *Busana Muslim
*Boleh juga memilih tradisi Islam lainnya seperti *tari zapin, *hadrah, *sholawatan, *maulid Nabi Muhammad SAW melalui kitab Al-Barjanzi,

INSTRUMEN
UJIAN KETERAMPILAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 CILACAP
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
No.
Indikator Kompetensi
Aspek Penilaian
Petunjuk Tekhnis
Nilai
1
Peserta didik dapat mempresentasikan seni budaya lokal wayang yang berisi ajaran Islam
1.       Kecakapan lisan
2.       Kontekstual
3.       Fakta
1. Setiap kelas di bagi kelompok, setiap kelompoknya terdiri dari 7 orang
2. Peserta didik terlebih mendapatkan soal secara lisan dari bapak/ibu guru
3. Setiap peserta didik mempresentasikan secara acak
80 s.d. 90

2

Peserta didik dapat mengklasifikasi tradisi umat Islam dengan asal daerahnya

1.       Bahan
2.       Variasi warna
3.       Hasil/laporan
1. Setiap kelas di bagi kelompok, setiap kelompoknya terdiri dari 7 orang
2. Setiap kelompok membuat kolom pada kertas asturo dan terdapat tulisan pada masing-masing kolom, lalu gambar yang sesuai ditempelkan, masing-masing peserta menempelkan gambar minimal 2 maksimal 5 (Sekaten. Sandur, Gusaran, Mabarasanji, Mandi Balimau)
3. Setiap peserta harus menyimpulkan secara mandiri dari hasil unjuk kerja

80 s.d. 90

3
Peserta didik dapat menganalisa perbedaan pendekatan antara wayang dan kasidah
1.       Kelengkapan Informasi
2.       Gambar-gambar dalam rekaman (scene) yang mendukung informasi
3.       Kesesuaian konteks yang dipilih
4.       Hasil/laporan

1. Setiap kelas di bagi kelompok, setiap kelompoknya terdiri dari 7 orang.
2. Bapak/ibu guru menayangkan video tentang cerita wayang jamus kalimosodo dan qasidah Nasida Ria Jilbab Putih
3. Setiap peserta harus menyimpulkan pesan perbedaan hasil analisa video yang telah ditayangkan
80 s.d. 90

4
Peserta didik dapat mensimulasikan bentuk tradisi Islam yang berkembang di Indonesia
1.       Adab
2.       Pemeranan
3.       Partisipasi

1. Setiap kelas di bagi kelompok, setiap kelompoknya terdiri dari 7 orang
2. Setiap kelompok harus memilih siapa saja yang berperan utama dan peran pendukungnya
3. Setiap peserta harus membawa buku tahlil, kitab al-Barjanzi (Syrakal) dan video hasil download (tari zapin, tari pergaulan) yang di butuhkan pada saat pelaksanaan secara mandiri maupun kelompok (peserta didik boleh memilih salah satunya)
4. Setiap peserta harus ikut aktif dalam pelafalan dan gerakan yang dibutuhkan selama kegiatan
5. Setiap peserta harus mendokumentasikan hasil simulasi sebagai bahan evaluasi

80 s.d. 90


DAFTAR NILAI UJIAN KETERAMPILAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 CILACAP
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
No.
Nama
Aspek Penilaian Indikator 1
Aspek Penilaian Indikator 2
Aspek Penilaian Indikator 3
Aspek Penilaian Indikator 4
Nilai Akhir
(Dari Hasil Rekap Nilai Total)
Kecakapan lisan
(80 – 90)
Kontekstual
(80 – 90)
Fakta
(80 – 90)
Bahan
(80 – 90)
Variasi warna
(80 – 90)
Hasil/
laporan
(80 – 90)
Informasi
(80 – 90)
Konteks
(80 – 90)
Hasil/
Laporan
(80 – 90)
Adab
(80 – 90)

Pemeranan
(80 – 90)
Partisipasi
(80 – 90)
1.














2.














3.














4.














5.














6.














7.














8.














9.














10.














11.














12.














13.














14.














15.














16.














17.














18.














19.














20.














21.














22.














23.














24.














25.














26.














27.














28.














29.














No.
Nama
Aspek Penilaian Indikator 1
Aspek Penilaian Indikator 2
Aspek Penilaian Indikator 3
Aspek Penilaian Indikator 4
Nilai Akhir
(Dari Hasil Rekap Nilai Total)
Kecakapan lisan
(80 – 90)
Kontekstual
(80 – 90)
Fakta
(80 – 90)
Bahan
(80 – 90)
Variasi warna
(80 – 90)
Hasil/
laporan
(80 – 90)
Informasi
(80 – 90)
Konteks
(80 – 90)
Hasil/
Laporan
(80 – 90)
Adab
(80 – 90)

Pemeranan
(80 – 90)
Partisipasi
(80 – 90)
30.














31.














32.














33.














34.














35.














36.














37.














38.














39.














40.














41.














42.

















                                                                                                                                                                                                Majenang,     Februari 2019
                                    Kepala Madrasah,                                                                   Penguji 1,                                            Penguji 2



H. Moch. Makhrus, S.Pd., M.Pd.                                            Sarifudin, S.Pd.I, M.Pd.         H. Nouval Riza, S.HI.           
NIP. 196003031983031004                                                    NIP. 198210112007101001   NIP. ---

























LihatTutupKomentar