KISI-KISI UJIAN
KETERAMPILAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
MADRASAH
TSANAWIYAH NEGERI 1 CILACAP
TAHUN
PELAJARAN 2018/2019
Jenis
Madrasah :
Madrasah Tsanawiyah Bentuk
Keterampilan : Unjuk kerja, Proyek,
Produk
Mata Pelajaran : SKI Jumlah
Indikator : 4 Butir
Kurikulum : 2013 Waktu :
120 Menit
|
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
Bentuk keterampilan
|
Alat peraga
|
|
1
|
Memahami bentuk seni budaya lokal (Wayang,
Kasidah, dan Hadrah)
|
Bentuk seni budaya lokal
(Wayang, Kasidah, dan Hadrah)
|
Peserta didik dapat mempresentasikan seni budaya lokal
wayang yang berisi ajaran Islam
|
1.
Kecakapan lisan
2.
Kontekstual
3.
Fakta
|
ceramah
|
Kertas HVS F4 70 dan bulpoint
|
|
2
|
Memahami
bentuk tradisi umat Islam (di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura).
|
Tradisi umat Islam (Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura).
|
Peserta didik dapat mengklasifikasi tradisi umat Islam dengan asal daerahnya
|
1.
Bahan
2.
Variasi warna
3.
Hasil/laporan
|
Portofolio
|
Kertas Asturo, Lem, penggaris
dan Gambar tradisi Islam dengan asal daerahnya
|
|
3
|
Membandingkan
pendekatan seni budaya lokal (Wayang,
Kasidah, dan Hadrah)
|
Pendekatan seni budaya
lokal (Wayang, Kasidah, dan Hadrah)
|
Peserta didik dapat menganalisa perbedaan pendekatan antara wayang dan kasidah
|
1.
Kelengkapan Informasi
2.
Gambar-gambar dalam rekaman (scene) yang mendukung
informasi
3.
Kesesuaian konteks yang dipilih
4.
Hasil/laporan
|
Proyek
|
Video tentang wayang jamus
kalimosodo dan qasidah, Kertas HVS F4 70
|
|
4
|
Membandingkan
nilai-nilai tradisi umat Islam (di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang,
Madura)
|
Nilai-nilai
tradisi umat Islam (di Jawa, Sunda, Melayu, Bugis, Minang, Madura)
|
Peserta
didik dapat mensimulasikan bentuk tradisi Islam yang berkembang di Indonesia
|
1.
Adab
2.
Pemeranan
3.
Partisipasi
|
Produk
|
Buku tahlil, Buku Sholawatan, *Kitab
Al-Barjanzi, *Busana Muslim
*Boleh juga memilih tradisi Islam
lainnya seperti *tari zapin, *hadrah, *sholawatan, *maulid Nabi Muhammad SAW
melalui kitab Al-Barjanzi,
|
INSTRUMEN
UJIAN
KETERAMPILAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
MADRASAH
TSANAWIYAH NEGERI 1 CILACAP
TAHUN
PELAJARAN 2018/2019
|
No.
|
Indikator Kompetensi
|
Aspek Penilaian
|
Petunjuk Tekhnis
|
Nilai
|
|
1
|
Peserta didik dapat mempresentasikan seni budaya lokal
wayang yang berisi ajaran Islam
|
1.
Kecakapan lisan
2.
Kontekstual
3.
Fakta
|
1.
Setiap kelas di bagi kelompok, setiap kelompoknya terdiri
dari 7 orang
2.
Peserta didik terlebih mendapatkan soal secara lisan dari
bapak/ibu guru
3.
Setiap peserta didik mempresentasikan secara acak
|
80 s.d. 90
|
|
2
|
Peserta didik dapat mengklasifikasi tradisi umat Islam dengan asal daerahnya
|
1.
Bahan
2.
Variasi warna
3.
Hasil/laporan
|
1.
Setiap kelas di bagi kelompok, setiap kelompoknya terdiri
dari 7 orang
2.
Setiap kelompok membuat kolom pada kertas asturo dan terdapat
tulisan pada masing-masing kolom, lalu gambar yang sesuai ditempelkan,
masing-masing peserta menempelkan gambar minimal 2 maksimal 5 (Sekaten.
Sandur, Gusaran, Mabarasanji, Mandi Balimau)
3.
Setiap peserta harus menyimpulkan secara mandiri dari
hasil unjuk kerja
|
80 s.d. 90
|
|
3
|
Peserta didik dapat menganalisa perbedaan pendekatan antara wayang dan kasidah
|
1.
Kelengkapan Informasi
2.
Gambar-gambar dalam rekaman (scene) yang mendukung
informasi
3.
Kesesuaian konteks yang dipilih
4.
Hasil/laporan
|
1.
Setiap kelas di bagi kelompok, setiap kelompoknya terdiri
dari 7 orang.
2.
Bapak/ibu guru menayangkan video tentang cerita wayang jamus
kalimosodo dan qasidah Nasida Ria Jilbab Putih
3.
Setiap peserta harus menyimpulkan pesan perbedaan hasil
analisa video yang telah ditayangkan
|
80 s.d. 90
|
|
4
|
Peserta
didik dapat mensimulasikan bentuk tradisi Islam yang berkembang di Indonesia
|
1.
Adab
2.
Pemeranan
3.
Partisipasi
|
1.
Setiap kelas di bagi kelompok, setiap kelompoknya terdiri
dari 7 orang
2.
Setiap kelompok harus memilih siapa saja yang berperan
utama dan peran pendukungnya
3.
Setiap peserta harus membawa buku tahlil, kitab al-Barjanzi
(Syrakal) dan video hasil download (tari zapin, tari pergaulan) yang di
butuhkan pada saat pelaksanaan secara mandiri maupun kelompok (peserta didik
boleh memilih salah satunya)
4.
Setiap peserta harus ikut aktif dalam pelafalan dan
gerakan yang dibutuhkan selama kegiatan
5.
Setiap peserta harus mendokumentasikan hasil simulasi
sebagai bahan evaluasi
|
80 s.d. 90
|
DAFTAR NILAI UJIAN
KETERAMPILAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
MADRASAH
TSANAWIYAH NEGERI 1 CILACAP
TAHUN
PELAJARAN 2018/2019
|
No.
|
Nama
|
Aspek Penilaian Indikator 1
|
Aspek
Penilaian Indikator 2
|
Aspek
Penilaian Indikator 3
|
Aspek
Penilaian Indikator 4
|
Nilai
Akhir
(Dari
Hasil Rekap Nilai Total)
|
||||||||
|
Kecakapan
lisan
(80
– 90)
|
Kontekstual
(80
– 90)
|
Fakta
(80 – 90)
|
Bahan
(80
– 90)
|
Variasi
warna
(80
– 90)
|
Hasil/
laporan
(80
– 90)
|
Informasi
(80
– 90)
|
Konteks
(80
– 90)
|
Hasil/
Laporan
(80
– 90)
|
Adab
(80
– 90)
|
Pemeranan
(80
– 90)
|
Partisipasi
(80
– 90)
|
|||
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No.
|
Nama
|
Aspek Penilaian Indikator 1
|
Aspek Penilaian Indikator 2
|
Aspek Penilaian
Indikator 3
|
Aspek Penilaian
Indikator 4
|
Nilai
Akhir
(Dari
Hasil Rekap Nilai Total)
|
||||||||
|
Kecakapan
lisan
(80
– 90)
|
Kontekstual
(80
– 90)
|
Fakta
(80
– 90)
|
Bahan
(80
– 90)
|
Variasi
warna
(80
– 90)
|
Hasil/
laporan
(80
– 90)
|
Informasi
(80
– 90)
|
Konteks
(80
– 90)
|
Hasil/
Laporan
(80
– 90)
|
Adab
(80
– 90)
|
Pemeranan
(80
– 90)
|
Partisipasi
(80
– 90)
|
|||
|
30.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
37.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
38.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
39.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
40.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
41.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
42.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Majenang, Februari 2019
Kepala Madrasah, Penguji 1, Penguji 2



H. Moch. Makhrus, S.Pd.,
M.Pd. Sarifudin,
S.Pd.I, M.Pd. H. Nouval Riza, S.HI.
NIP. 196003031983031004 NIP. 198210112007101001 NIP. ---