TUGAS TERSTRUKTUR DAN TIDAK TERSTRUKTUR SKI MTs KELAS VIII SEMESTER GASAL






Kompetensi Dasar             :    Menceritakan sejarah berdirinya Daulah Abbasiyah

Kelompok                   : ____________                      Hari, tanggal      : ___________ 2017
Kelas/Semester           : VIII/ Gasal                            Tahun Pelajaran : 2017/ 2018
Nama-Nama Kelompok :
1.      ____________________
2.      ____________________
3.      ____________________
4.      ____________________
5.      ____________________

I.                   Tugas Kelompok
-          Bentuklah kelompok masing-masing 5 oranga !
-          Baca kembali tentang sejarah berdirinya Bani Abbasiyah bahkan dicari di internet kemudian pahami.
-          Diskusikan dalam kelompok saudara tentang:
a.  Berdirinya Daulah Bani Abbasiyah itu berdiri ?
b.  Bagaimana kondisi Daulah sebelumnya dan bagaimana setelah Daulah Abbasiyah berdiri ?
-          Presentasikan hasil diskusi saudara didepan teman-teman lainnya !
-          Setiap kelompok boleh mendiskusi bagian-bagian dari Daulah Abbasiyah.
II.      Deskripsi Kerja Kelompok :
A.    Sejarah berdirinya Daulah Abbasiyah
___________________________________________________________________
___________________________________________________________________
___________________________________________________________________
___________________________________________________________________
___________________________________________________________________
B.     Kondisi Daulah sebelumnya dan bagaimana setelah Daulah Abbasiyah berdiri
___________________________________________________________________
___________________________________________________________________
___________________________________________________________________
___________________________________________________________________
C.     Presentasikan hasil diskusi
___________________________________________________________________
___________________________________________________________________
___________________________________________________________________
___________________________________________________________________

D.    Diskusi bagian-bagian dari Daulah Abbasiyah
___________________________________________________________________
___________________________________________________________________
___________________________________________________________________
___________________________________________________________________
III.   Lembar Penilaian
Ceritakan  sejarah  berdirinya  Bani Abbasiyah  di depan kelas !
 Format Penilaian
No.
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah
Ket.
1
2
3
4
5
1.            








2.            








3.            








4.            








5.            








dst









Aspek Penilaian

Skor Nilai Per aspek : 0 - 20 (skor maks: 20 x 5=100)
1.
Isi Cerita

Keterangan Nilai

2.
Keruntutan Cerita

  0     25
Tidak Kompeten

3.
Bahasa

26    50
Kurang Kompeten

4.
Sikap

51    75
Kompeten

5.
Kelancaran

76  – 100
Sangat Kompeten


IV.   Hasil Diskusi Kelompok
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini !
1.    Sebutkan 5 tokoh yang berperan dalam sejarah  berdirinya Bani Abbasiyah !
2.    Jelaskan maksud gerakan dakwah  Bani Abbasiyah!
3.    Sebutkan 4 kelompok pendukung sejarah berdirinya Bani Abbasiyah !
4.    Jelaskan 2 usaha yang dilakukan oleh Abu Muslim al-Khurasani !
V.      Jawaban Diskusi Kelompok :
  1. Ali bin Abdullah bin Abbas, Muhammad bin Ali, Abu Muslim al-Khurasani, Ibrahim al-Imam, dan Abu Abbas as-Saffah.
  2. Usaha Bani Abbasiyah mencari dukungan masyarakat dalam usahanya mengalahkan Bani Umayah
  3. Kelompok Mawalli, Syiah dan Khawarij, Islam Arab non Syuriah, dan Kelompok Muslim yang shaleh
  4. -   Mengumpulkan penduduk di 60 desa di sekitar kota Merv untuk mendukung gerakannya
- Menyatukan golongan Alawiyyin, golongan Syi’ah dan orang-orang Persia untuk menentang Bani Umayah       

Skor Nilai :
4 x 25 = 100



___________________________
___________________________
______________________________________________________
___________________________















































Standar Kompetensi          :     Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Abbasiyah
Kompetensi Dasar             :    Menceritakan sejarah berdirinya Daulah Abbasiyah

Kelompok                   : ____________                      Hari, tanggal      : ___________ 2017
Kelas/Semester           : VIII/ Gasal                            Tahun Pelajaran : 2017/ 2018
Nama-Nama Kelompok :
1.      ____________________
2.      ____________________
3.      ____________________
4.      ____________________
5.      ____________________

I.     Tugas Kelompok
-          Bentuklah kelompok masing-masing 5 orang !
-          Baca kembali materi yang sudah diajarkan kemudian pahami.
-          Diskusikan !
a.       Bagaimanakah pola kepemimpinan khalifah
- Harun ar-Rasyid
- Abdullah al-Makmun dan
- Abu Ja’far al-Mansur
b.      Setiap kelompok memilih salah satu dari ketiga khalifah tersebut ?
-          Carilah di internet untuk menambah wawasan saudara dalam presentasi nanti !
-          Setiap kelompok boleh mendiskusi bagian-bagian dari Daulah Abbasiyah.
II.      Deskripsi Kerja Kelompok :
a.       Pola kepemimpinan Khalifah Harun ar-Rasyid ?
___________________________________________________________________
___________________________________________________________________
___________________________________________________________________
___________________________________________________________________
___________________________________________________________________
b.      Pola kepemimpinan Khalifah Abdullah al-Makmun ?
___________________________________________________________________
___________________________________________________________________
___________________________________________________________________
___________________________________________________________________
c.       Pola kepemimpinan Khalifah Abu Ja’far al-Mansur ?
___________________________________________________________________
___________________________________________________________________
___________________________________________________________________
___________________________________________________________________

d.      Diskusi bagian-bagian dari pola kepemimpinan masing-masing dari khalifah yang dipilih
___________________________________________________________________
___________________________________________________________________
___________________________________________________________________
___________________________________________________________________
III.   Lembar Penilaian
Ceritakan  sejarah  berdirinya  Bani Abbasiyah  di depan kelas !
 Format Penilaian
No.
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah
Ket.
1
2
3
4
5
6.            








7.            








8.            








9.            








10.        








Dst









Aspek Penilaian

Skor Nilai Per aspek : 0 - 20 (skor maks: 20 x 5=100)
1.
Isi Cerita

Keterangan Nilai

2.
Keruntutan Cerita

  0     25
Tidak Kompeten

3.
Bahasa

26    50
Kurang Kompeten

4.
Sikap

51    75
Kompeten

5.
Kelancaran

76  – 100
Sangat Kompeten


IV.   Hasil Diskusi Kelompok
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini !
1.      Jelaskan Bagaimana kehidupan dari tokoh Khalifah Harun ar-rasyid !
2.      Apa saja usaha-usaha Khalifah Harun ar-Rasyid !
3.    Jelaskan Bagaimana kehidupan dari tokoh Abdullah al-Makmun !
4.    Sebutkan 4 kaum pemberontak pada masa pemerintahan Abu Ja’far al-Mansur?


Skor Nilai :
4 x 25 = 100



___________________________
___________________________
______________________________________________________
___________________________


V.      Jawaban Diskusi Kelompok :
1.      Harun Ar-Rasyid lahir di Rayy pada tahun 766 dan wafat pada tanggal 24 Maret 809, di Thus, Khurasan. Harun Ar-Rasyid adalah kalifah kelima dari kekalifahan Abbasiyah dan memerintah antara tahun 786 hingga 803. Ayahnya bernama Muhammad Al-Mahdi, khalifah yang ketiga dan kakaknya, Musa Al-Hadi adalah kalifah yang keempat.Ibunya Jurasyiyah dijuluki Khayzuran berasal dari Yaman. Meski berasal dari dinasti Abbasiyah, Harun Ar-Rasyid dikenal dekat dengan keluarga Barmaki dari Persia (Iran). Di masa mudanya, Harun banyak belajar dari Yahya ibn Khalid Al-Barmak.
  1. a) Mempertahankan keutuhan wilayah kekuasaan bani Abbasiyah
b) Pengembangan Ilmu pengetahuan
c) Pembangunan Gedung dan Fasilitas sosial
  1. a) Mengatasi Gerakan Pemberontak
b) Penertiban Administrasi Negara
c) Penataan Ulang Sistem Pemerintahan
d) Pembentukan Badan Intelijen
e) Pembentukan Badan Negara
f) Toleransi Beragama
g) Pembentukan Baitul Hikamah dan Majlis Munadzarah
  1. a) Kaum Rawandiyah
b) Kaum Khajar
c) Kaum Kurdi dan
d) Abu Muslim al-Khurasani

    





















LihatTutupKomentar